Amalan Sunnah di Hari Jum'at Berdasarkan Hadits dan Al-Qur'an

www.gurukitaa.my.id - Hari Jum'at merupakan hari istimewa bagi umat Muslim karena memiliki keutamaan dan berkah yang istimewa. Dalam Islam, terdapat amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Jum'at berdasarkan petunjuk dari hadits-hadits Rasulullah SAW dan juga beberapa ayat Al-Qur'an. Berikut adalah beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan di hari Jum'at:

1. Shalat Jum'at:

Salah satu amalan utama di hari Jum'at adalah melaksanakan shalat Jum'at secara berjamaah di masjid. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Al-Jumu'ah (62): 9-10, di mana Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

2. Membaca Surah Al-Kahfi:

Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jum'at. Dalam sebuah Hadits Darimi Nomor 3273 Rosulullah Saw bersabda :

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ حَدَّثَنَا أَبُو هَاشِمٍ عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ عُبَادٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Telah menceritakan kepada kami [Abu An Nu’man] telah menceritakan kepada kami [Husyaim] telah menceritakan kepada kami [Abu Hasyim] dari [Abu Mijlaz] dari [Qais bin Ubad] dari [Abu Sa’id Al Khudri] ia berkata; Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at maka ia akan diterangi oleh cahaya yang terangnya mencapai jarak antara dirinya dan Baitul ‘Atiq.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah SAW pernah bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat." (HR An-Nasa'i dan Baihaqi)

3. Memperbanyak Doa dan Istighfar:

Hari Jum'at juga merupakan waktu yang mustajab (dikabulkan) untuk berdoa dan memohon ampunan. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA:

إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ سَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ فِيهَا خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَهِيَ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya: Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah Ashar. (HR. Ahmad).

"Sesungguhnya di antara waktu yang mustajab bagi doa seorang Muslim adalah ketika shalat Jum'at. Jika ia berdoa ketika imam berkhutbah, malaikat akan memalingkan wajahnya dari doanya, selain dari hal itu, tidak ada yang dapat menghalangi doanya." (HR. Muslim)

4. Bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW:

Bersedekah dan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang dianjurkan di hari Jum'at. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

5. Meningkatkan Kebersihan Diri:

Rasulullah SAW menganjurkan untuk mandi sebelum pergi ke masjid untuk shalat Jum'at. Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasai Nomor 1367 :

أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدِ بْنِ كَثِيرٍ قَالَ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا الْأَشْعَثِ حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أَوْسَ بْنَ أَوْسٍ صَاحِبَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَلَ وَغَدَا وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ وَأَنْصَتَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ

Telah mengabarkan kepadaku [‘Amr bin ‘Utsman bin Sa’id bin Katsir] dia berkata; telah menceritakan kepada kami [Al Walid] dari [‘Abdurrahman bin Yazid bin Jabir] bahwasanya ia mendengar [Abul Asy’ats] menceritakan kepadanya ia mendengar [Aus bin Aus] -sahabat Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam- berkata; “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: ‘Barangsiapa mandi pada hari Jum’at dan berwudhu, lalu sedini mungkin berangkat dengan berjalan kaki tidak naik kendaraan, dan mendekat kepada imam lalu ia diam tanpa berbuat perbuatan yang sia-sia, tiap langkahnya laksana amalan (ibadah) satu tahun.”

6. Membaca Surah Al-Kahfi Sebelum Tidur Malam Jum'at:

Selain membaca Surah Al-Kahfi di siang hari, ada juga anjuran untuk membacanya pada malam Jum'at. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits :

إِنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

"Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada malam Jum'at, maka dia akan disinari cahaya antara dua Jumat." (HR. Ad-Darimi)

Kesimpulannya, melakukan amalan sunnah di hari Jum'at berdasarkan hadits dan ayat Al-Qur'an adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih berkah serta keutamaan pada hari istimewa tersebut. Semoga amalan-amalan ini dapat menjadi bagian dari ibadah kita dan mendekatkan kita pada rahmat Allah SWT. Aamiin.

Posting Komentar

0 Komentar