Membongkar Tabir Penghambat Rezeki : Mengoptimalkan Potensi Kehidupan

www.gurukitaa.my.id - Rezeki adalah karunia Allah yang diberikan kepada setiap makhluk-Nya. Namun, seringkali seseorang merasa bahwa rezeki mereka terhambat atau terbatas. Dalam artikel ini, kita akan membahas 4 hal yang dapat menjadi penghalang rezeki seseorang, serta beberapa amalan yang dapat membuka pintu rezeki dan mengoptimalkan potensi kehidupan kita.

1. Perbuatan Dosa

Perbuatan dosa yang dilakukan oleh seseorang dapat menjadi penghalang rezeki. Rasulullah Muhammad ﷺ bersabda, 

Hadits Ibnu Majah Nomor 4012

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عِيسَى عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ وَلَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ

Telah menceritakan kepada kami [Ali bin Muhammad] telah menceritakan kepada kami [Waki’] dari [Sufyan] dari [Abdullah bin Isa] dari [Abdullah bin Abu Al Ja’d] dari [Tsauban] dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah akan bertambah umur (seseorang) kecuali dengan kebaikan, dan tidaklah akan dapat menolak takdir kecuali doa. Sesungguhnya seseorang akan ditahan rizkinya karena dosa yang dia lakukan.”

Baik dosa dalam pekerjaan seperti korupsi, menipu, mencuri, maupun dosa di luar pekerjaan seperti berzina, minum khamar, judi, semuanya dapat mempengaruhi rezeki yang diterima.

2. Tidur Pagi

Tidur di waktu pagi juga dapat menghambat rezeki seseorang. Rasulullah ﷺ pernah bersabda, "Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki." (HR Ahmad dan Baihaqi). Pagi hari merupakan waktu yang penuh berkah, dan Allah membuka pintu rezeki pada saat ini. Jika seseorang sering tidur di pagi hari, kesempatan untuk mendapatkan rezeki berkah menjadi terbatas.

3. Melalaikan Shalat 

Melalaikan shalat juga dapat menghambat rezeki seseorang. Shalat merupakan tiang agama, dan melalui shalatlah kita berkomunikasi langsung dengan Allah. Jika seseorang lalai dalam melaksanakan salat, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi rezeki yang diterima.

4. Memutus Tali Silaturahmi

Memutus tali silaturahmi juga menjadi penghambat rezeki. Rasulullah ﷺ pernah menjelaskan bahwa tidak ada dosa yang lebih pantas untuk segera dibalas di dunia daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi. (HR Abu Dawud). Silaturahmi adalah ikatan persaudaraan dan persahabatan di antara sesama manusia. Jika seseorang memutus tali silaturahmi, rezeki dapat terhambat.


Amalan Pembuka Pintu Rezeki

Untuk membuka pintu rezeki dan mengoptimalkan potensi kehidupan, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan:

1. Berusaha Hidup Sesuai Ajaran Allah : Hindari perbuatan dosa dan tetaplah menjalankan perintah Allah dengan baik.

2. Bangun Pagi : Manfaatkan waktu pagi untuk bekerja dan mencari rezeki. Hindari tidur berlebihan di waktu pagi.

3. Melaksanakan Shalat dengan Khusyu : Jadikan shalat sebagai prioritas utama dalam kehidupan dan melaksanakan dengan khusyu'.

4. Menjaga Silaturahmi : Jaga hubungan baik dengan keluarga, teman, dan tetangga, serta hindari memutuskan tali silaturahmi.

Ayat Suci Al-Qur'an tentang Penghambat Rezeki

1. "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di Bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (Al-Baqarah: 168).

2. "Biarkan Aku bersama orang-orang yang mendustakan perkataan ini (Al-Qur'an). Kelak akan Kami biarkan mereka berangsur-angsur (menuju kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui." (Al-Qalam: 44).

Hadits tentang Penghambat Rezeki

1. Rasulullah ﷺ bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba akan terhalang dari rezekinya disebabkan dosa-dosa yang diperbuatnya." (HR Ahmad).

2. Rasulullah ﷺ juga bersabda, "Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki." (HR Ahmad dan Baihaqi).

Perkataan Ulama' tentang Penghambat Rezeki

Syekh az-Zarnuji dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim menyatakan bahwa orang-orang yang melalaikan shalatnya secara tidak langsung juga menghambat rezekinya.

Firdaus Aden dalam buku Bila Rezekimu Sempit Inilah Penyebabnya menjelaskan bahwa memutus tali silaturahmi bisa menjadi faktor terhalangnya rezeki seseorang. Beliau juga menuturkan tentang istidraj, yaitu ketika seseorang merasa bahagia meskipun melakukan dosa dan ingkar kepada Allah.

Rezeki adalah karunia Allah yang diberikan kepada setiap makhluk-Nya. Untuk mengoptimalkan potensi kehidupan dan membuka pintu rezeki, kita perlu menjauhi perbuatan dosa, bangun pagi, melaksanakan salat dengan khusyu', dan menjaga tali silaturahmi. Dengan berusaha hidup sesuai dengan ajaran-Nya dan berikhtiar dengan sungguh-sungguh, kita dapat mengatasi penghambat rezeki dan meraih keberkahan dalam kehidupan kita.

Posting Komentar

0 Komentar