DOWNLOAD ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) PAI KELAS XI KURIKULUM MERDEKA

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE F

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

 

Pemahaman PAI dan BP

 

Pada akhir Fase F,dalam elemen Al-Qur’an dan hadis,

peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; mempresentasikan pesanpesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama.

Dalam elemen akidah, peserta didik menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; mempresentasikan tentang cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama; membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

Dari elemen akhlak,peserta didik dapat memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras miras), dan narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi; mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antarpelajar dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari; meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat dan meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama; membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai, santun, saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati.

Dalam elemen fikih,peserta didik mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan sikap menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

Dalam elemen sejarah peradaban Islam,peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab, bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama

 

 

Keterampilan proses

 

1.      Orientasi Masalah

Guru memberikan permasalahan dan peserta didik merumuskan masalah setelah melakukan tadarus al-Qur’an dan pengamatan secara detail yang relevan dari objek yang diamati.

2.      Mempertanyakan dan memprediksi

Secara mandiri, peserta didik dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi hasil analisisnya.

3.      Merencanakan dan melakukan diskusi kelompok
Peserta didik merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional serta
mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut, dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai referensi dan melakukan analisa perbandingan isinya.

4.      Memproses, menganalisis data dan informasi Menyajikan data dalam bentuk presentasi, tabel, grafik, dan model serta menjelaskan hasil diskusi dan pengamatan dan pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital. Mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, menggunakan data sekunder, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.

Langkah-Langkah yang dilakukan;

a.      Memorizing

Mengingat materi untuk peserta didik yang gaya belajarnya visual, peserta didik dengan melihat materi yang ada di buku saja bisa paham. Sedangkan untuk peserta didik yang gaya belajarnya auditori, peserta didik mendengarkan penjelasan guru saja materinya dapat dipahami. Kemudian untuk yang gaya belajarnya kinesterik, peserta didik butuh penjelasan materi dengan gerakan yang dilakukan oleh guru agama.

b.       Articulation (Artikulasi),

 Peserta didik di dorong untuk berani menjelaskan ulang mengenai materi yang telah dipahami dan dipraktekkan.

c.        Sharing

Berbagi pemahaman dengan peserta didik lain, hal ini dilakukan untuk mengingat materi yang telah dipahami. Selanjutnya, untuk peserta didik inklusi di berikan perlakuan sama akan tetapi yang menyampaikan penjelasan dari mentor kelompoknya.

5.      Mengevaluasi dan refleksi

Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi.

6.      Mengkomunikasikan hasil

Mengkomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.


 

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

SMK/MAK

FASE F KELAS XI

BAB 1 BAGIAN 1 Kajian Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Hadis tentang Berfikir Kritis

           

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menganalisis Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis.

2.      Peserta didik dapat membaca dan menghafal Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis.

3.      Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.

4.      Peserta didik dapat mengimplementasikan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari.

 

Elemen

Al-Qur’an dan Hadis

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking); membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu dan berfikir kritis.

 

Materi

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar

JP

1 A

1 B

Peserta didik dapat menganalisis Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis.

1

3

1 B

Peserta didik dapat membaca dan menghafal Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis.

1

3

1 C

1 D

 

Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an

1

3

1 C

1 D

Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an

1

3

1 E

1 F

Peserta didik dapat mengimplementasikan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari

1

3

Total Jam Pelajaran (JP)

15

 

BAB 1 BAGIAN 2 Kajian Q.S. Ar-Rahman/55: 33 Dan Hadis Tentang Ilmu Pengetahuan dan

              Teknologi

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Menganalisis Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.      Membaca dan menghafal dengan tartil Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.      Menjelaskan isi kandunga Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi,.sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.

4.      Peserta didik dapat mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Elemen

Al-Qur’an dan Hadis

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu menganalisis ayat Al-Qur’an surat Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi; dapat membaca Al-Qur’an Ar-Rahman/55: 33 dengan tartil; menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi; dapat menyajikan konten dan paparan tentang etos kerja; meyakini bahwa mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama; membiasakan sikap kreatif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

2 A

2 B

2 C

Peserta didik dapat Menganalisis Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat membaca dan menghafal dengan tartil Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

2

3

2 A

2 B

2 C

Peserta didik dapat Menjelaskan isi kandunga Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi,.sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.

2

3

2 D

Peserta didik dapat mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

2

3

Total Jam Pelajaran (JP)

9

 

BAB 2 Cabang Iman: Memenuhi Janji,Mensyukuri Nikmat,Memelihara Lisan,dan

            Menutup Aib Orang Lain

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menganalisis cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain.

2.      Peserta didik dapat menjelaskan tentang memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain.

3.      Peserta didik dapat menjelaskan bahwa cabang-cabang iman adalah perintah agama

4.      Peserta didik dapat mengimplementasikan sikap tanggung jawab,memenuhi janji,mensyukuri nikmat,memelihara lisan dan menutup aib orang lain.

 

 

Elemen

Akidah

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta ddik dapat menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara Iman, Islam, dan Ihsan; mempresentasikan tentang cabang-cabang iman; meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara Iman, Islam, dan Ihsan adalah ajaran agama; membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

3 A

 

 

Peserta didik dapat menganalisis cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain dan dapat menjelaskan tentang memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain

3

3

3 B

Peserta didik dapat menjelaskan bahwa cabang-cabang iman adalah perintah agama

3

3

3 C

 

Peserta didik dapat mengimplementasikan sikap tanggung jawab,memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain

3

3

Total Jam Pelajaran (JP)

9

 

 

BAB 3 Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras

             (Miras), dan Narkoba

 

Tujuan Pembelajaran

1.         Peserta didik dapat memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam.

2.         Peserta didik dapat membuat konten tentang cara mengatasi masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba dan diposting di media sosial

3.         Peserta didik dapat bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar dan melakukan pengrusakan fasilitas umum, minuman keras, dan narkoba

4.         Peserta didik dapat membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab dan cinta damai

Elemen

Akhlak

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam, dapat membuat  konten tentang cara mengatasi masalah perkelahian antarpelajar, miras, dan narkoba dan diposting di media sosial sehingga dapat meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar dan melakukan pengrusakan fasilitas umum, minuman keras, dan narkoba, serta membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, dan cinta damai

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

4 A

 

Peserta didik dapat memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam dan dapat membuat konten tentang cara mengatasi masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba dan diposting di media sosial

4

3

4 B

Peserta didik dapat bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar dan melakukan pengrusakan fasilitas umum, minuman keras, dan narkoba

4

3

4 C

Peserta didik dapat membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab dan cinta damai

4

3

Total Jam Pelajaran (JP)

9

 

 

BAB 4  Ketentuan Khutbah, Tablig, Dan Dakwah

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Menganalisis ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

2.      Menyusun teks khutbah dengan tema nilai-nilai Islam rahmat li al-alamin.

3.      Menerapkan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

4.      Membangun sikap menebarkan Islam rahmat lil-alamin.

 

Elemen

Fikih

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah, menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, membiasakan sikap menebarkan Islam rahmat li al-ālamīn,

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

5 A

 

Peserta didik menganalisis ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

5

3

5 B

Peserta didik menyusun teks khutbah dengan tema nilai-nilai Islam rahmat li al-alamin.

5

3

5 B

Peserta menerapkan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

5

3

5 C

Peserta membiasakan sikap menebarkan Islam rahmat lil-alamin.

5

3

Total Jam Pelajaran (JP)

12

  

BAB 5  Peran dan Keteladanan Tokoh Ulama di Indonesia

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menganalisis sejarah dan peran tokoh ulama Islam di Indonesia.

2.      Peserta didik dapat mempresentasikan paparan mengenai peran dan keteladanan ulama Islam di Indonesia.

3.      Peserta didik dapat mengimplementasikan keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia.

4.      Peserta didik dapat membiasakan sikap gemar membaca,menulis,berprestasi,kerja keras,tanggung jawab,literasi dan produktif dalam berkarya.

 

Elemen

Peradaban Islam

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia; membiasakan sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab, bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam rahmat lil ‘alamin, rukun, damai, dan saling bekerja sama.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

6 A

 

Peserta didik dapat menganalisis sejarah dan peran tokoh ulama Islam di Indonesia dan dapat mempresentasikan paparan mengenai peran dan keteladanan ulama Islam di Indonesia.

6

3

6 B

Peserta didik dapat mengimplementasikan keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia

6

3

6 C

Peserta didik dapat membiasakan sikap gemar membaca,menulis,berprestasi,kerja keras,tanggung jawab,literasi dan produktif dalam berkarya.

6

3

Total Jam Pelajaran (JP)

9

 

 

BAB 6 BAGIAN 1  Kajian Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Hadis tentang Toleransi dalam

             Kehidupan

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menganalisis Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan

2.      Peserta didik mampu membaca dan menghafalkan dengan tartil Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan.

3.      Peserta didik mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalamkehisupan sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.

4.      Peserta didik mampu mengimplementasikan Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan kehidupan sehari-hari.

 

Elemen

Al-Qur’an dan Hadis

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an surat Yunus/10: 40-41 dan Hadis tentang toleransi; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an surat Yunus/10: 40-41  dan Hadis tentang toleransi; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa toleransi adalah ajaran agama; membiasakan sikap toleransi.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

7 A

7 B

Peserta didik mampu menganalisis Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan

7

3

7 A

7 B

Peserta didik mampu membaca dan menghafalkan dengan tartil Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan.

7

3

7 A

7 B

Peserta didik mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalamkehisupan sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.

7

3

7 C

7 D

Peserta didik mampu mengimplementasikan Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan kehidupan sehari-hari.

7

3

Total Jam Pelajaran (JP)

9

 

BAB 6 BAGIAN 2  Kajian Q.S. Al-Maidah/5: 32 Dan Hadis Tentang Memelihara Kehidupan

               Manusia

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menganalisis Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia

2.      Peserta didik dapat membaca dan menghafalkan dengan tartil Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia.

3.      Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan  Hadis tentang memelihara kehidupan manusia, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.

4.      Mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan  Hadis tentang memelihara kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Elemen

Al-Quran dan Hadis

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an surat Al-Maidah/5: 32  dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia; mempresentasikan pesan-pesan Al-Quran surat. Al-Maidah/5: 32  dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa memelihara kehidupan manusia adalah ajaran agama; membiasakan sikap peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

8 A

8 B

 

Peserta didik dapat menganalisis Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia dan dapat membaca dan menghafalkan dengan tartil Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia.

8

3

8 C

8 D

 

Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan  Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan  Hadis tentang memelihara kehidupan manusia, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an dan dapat mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan  Hadis tentang memelihara kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

8

3

Total Jam Pelajaran (JP)

6

 

BAB 7  Cabang Iman: Menjaga Kehormatan,Ikhlas,Malu dan Zuhud

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menganalisis cabang iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud.

2.      Peserta didik dapat mempresentasikan paparan tentang menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud

3.      Peserta didik dapat menyatakan bahwa cabang iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud adalah ajaran agama serta implementasi dari iman.

4.      Peserta didik dapat mengimplementasikan sikap jujur, peduli social, tanggung jawab..

Elemen

Akidah

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik dapat menganalisis cabang-cabang iman (menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud), mempresentasikan tentang cabang-cabang iman (menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud); meyakini bahwa cabang-cabang iman adalah ajaran agama; membiasakan sikap jujur, peduli sosial, dan tanggung jawab..

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

9 A

 

Peserta didik dapat menganalisis cabang iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud.dan dapat mempresentasikan paparan tentang menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud

9

3

9 B

Peserta didik dapat menyatakan bahwa cabang iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud adalah ajaran agama serta implementasi dari iman.

9

3

9C

Peserta didik dapat mengimplementasikan sikap jujur, peduli social, tanggung jawab..

 

3

Total Jam Pelajaran (JP)

9

 

BAB 8  Adab Menggunakan Media Sosial

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam.

2.      Peserta didik mampu membuat postingan dan komentar di media sosial yang postif.

3.      Peserta didik mampu menjelaskan bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat.

4.  Peserta didik mampu membiasakan diri menggunakan media sosial yang santun, saling menghormati, bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan cinta damai.

 

Elemen

Akhlak

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik dapat menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, dapat membuat postingan dan komentar di media sosial yang positif, sehingga dapat meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat, serta membiasakan sikap menggunakan media sosial yang santun, saling menghormati, bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan cinta damai

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

10    A

10  B

 

Peserta didik mampu menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam dan mampu membuat postingan dan komentar di media sosial yang postif.

10

3

10 B

Peserta didik mampu menjelaskan bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat.

10

3

10 C

Peserta didik mampu membiasakan diri menggunakan media sosial yang santun, saling menghormati, bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan cinta damai.

10

3

Total Jam Pelajaran (JP)

9

 

BAB 9  Pernikahan dalam Islam

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian pernikahan dalam Islam.

2.      Peserta didik mampu menjelaskan ketentuan pernikahan dalam Islam.

3.      Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan

4.      Peserta didik mampu mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab dan  menepati janji dalam pembelajaran

Elemen

Fikih

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu menganalisis ketentuan pernikahan dalam Islam; mempresentasikan tentang ketentuan pernikahan dalam Islam; menerapakan ketentuan pernikahan dalam Islam; membiasakan sikap komitmen, bertanggung jawab, dan menepati janji

 

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

11    A

11  B

Peserta didik mampu menjelaskan pengertian pernikahan dalam Islam.

11

3

11 C

Peserta didik mampu menjelaskan ketentuan pernikahan dalam Islam

11

3

11 D

Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan

11

3

11 E

Peserta didik mampu mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab dan  menepati janji dalam pembelajaran

11

3

Total Jam Pelajaran (JP)

12

 

BAB 10  Peradaban Islam pada Masa Modern

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern.

2.      Peserta didik mampu menjelaskan gerakan-gerakan pembaharuan Islam diberbagai negara.

3.      Peserta didik mampu menjelaskan pokok-pokok pemikiran para pembaharuan Islam.

4.      Peserta didik mampu mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab dan menepati janji.

Elemen

Peradaban Islam

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu menganalisis perkembangan peradaban Islam di dunia, mempresentasikan perkembangan peradaban Islam di dunia; meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam di dunia pada masa modern; membiasakan sikap berkebinekaan global dan menbarkan Islam yang rahmatal lil ‘ālamin.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

ModulAjar**

JP

12    A

 

Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern.

 

12

3

12 B

Peserta didik mampu menjelaskan gerakan-gerakan pembaharuan Islam diberbagai negara

12

3

12 C

Peserta didik mampu menjelaskan pokok-pokok pemikiran para pembaharuan Islam

12

3

12 D

Peserta didik mampu mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab dan menepati janji.

12

3

Total Jam Pelajaran (JP)

12

 

 

Keterangan :

* Angka menunjukkan bab, huruf menunjukkan sub bab

**Angka menunjukkan urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)

 

Referensi

 

a.       Keputusan Mendikbudristek Nomer 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

b.      Peraturan Mendikbudristek Nomer 9 Thun 2022 Tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak  Usia  Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah

c.       Peraturan Mendikbudristek Nomer 5 Thun 2022 Tentang Standar Lulusan pada Pendidikan Anak  Usia  Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah

d.      Peraturan Mendikbudristek Nomer 16 Thun 2022 Tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak  Usia  Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah

e.       SK Kepala Badan Standar,kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi No.008/H/KR/2022 tantang  Capaian Pembelajaran Pada  Pendidikan  Anak  Usia  Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka

f.       H.A. Sholeh Dimyathi, dkk. 2022. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

bagi Bapak/Ibu yang ingin mendownload file di atas bisa klik tombol download di bawah ini :


Posting Komentar

0 Komentar