CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA
PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI
PEKERTI FASE F
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pemahaman PAI dan BP |
Pada akhir Fase F,dalam elemen
Al-Qur’an dan hadis, peserta didik dapat menganalisis
Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi,
toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan
moderasi beragama; mempresentasikan pesanpesan Al-Qur’an dan Hadis tentang
pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan
teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta
tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan
meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi,
memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi
beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir
kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan
teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan
tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu
berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta
tanah air, dan moderasi dalam beragama. Dalam elemen
akidah, peserta didik menganalisis cabang-cabang iman,
keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan
manfaat ilmu kalam; mempresentasikan tentang cabang-cabang iman, dasar-dasar,
tujuan dan manfaat ilmu kalam; meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan
antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu
kalam adalah ajaran agama; membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji,
menyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup aib orang lain, jujur, peduli
sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu dan pembelajar
sepanjang hayat Dari elemen akhlak,peserta
didik dapat memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras
miras), dan narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan media sosial
dalam Islam, menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras
kepala dalam kehidupan sehari hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi;
mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antarpelajar dan dampak
pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab
menggunakan media sosial dalam Islam, dampak negatif sikap munafik, keras
hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari; meyakini bahwa agama
melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba,
munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini bahwa adab menggunakan media
sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat dan
meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah
agama; membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab,
cinta damai, santun, saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur,
inovatif, dan rendah hati. Dalam elemen fikih,peserta didik mampu menganalisis
ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam
Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan
pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam,
mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan
dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad
merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan sikap menebarkan Islam
raḥmat li al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil,
amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat Dalam elemen sejarah peradaban Islam,peserta didik
mampu menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di
Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran
organisasi-organisasi Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan
tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam
di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia;
mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran
perkembangan peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia,
meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan
ajaran agama; membiasakan sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan
kerja keras, tanggung jawab, bernalar kritis, semangat kebangsaan,
berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan
saling bekerjasama |
Keterampilan proses |
1.
Orientasi Masalah Guru
memberikan permasalahan dan peserta didik merumuskan masalah setelah melakukan tadarus al-Qur’an dan pengamatan
secara detail yang relevan dari objek yang diamati. 2.
Mempertanyakan dan memprediksi Secara mandiri, peserta didik
dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk memperjelas hasil pengamatan
dan membuat prediksi hasil analisisnya. 3.
Merencanakan dan melakukan diskusi kelompok 4.
Memproses, menganalisis data dan informasi Menyajikan data dalam bentuk presentasi,
tabel, grafik, dan model serta menjelaskan hasil diskusi dan pengamatan dan
pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital. Mengumpulkan
data dari penyelidikan yang dilakukannya, menggunakan data sekunder, serta
menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan
berdasarkan bukti ilmiah. Langkah-Langkah yang dilakukan; a. Memorizing
Mengingat materi untuk peserta
didik yang gaya belajarnya visual, peserta didik dengan melihat materi yang
ada di buku saja bisa paham. Sedangkan untuk peserta didik yang gaya
belajarnya auditori, peserta didik mendengarkan penjelasan guru saja
materinya dapat dipahami. Kemudian untuk yang gaya belajarnya kinesterik,
peserta didik butuh penjelasan materi dengan gerakan yang dilakukan oleh guru
agama. b. Articulation (Artikulasi), Peserta didik
di dorong untuk berani menjelaskan ulang mengenai materi yang telah dipahami
dan dipraktekkan. c. Sharing Berbagi pemahaman dengan peserta
didik lain, hal ini dilakukan untuk mengingat materi yang telah dipahami.
Selanjutnya, untuk peserta didik inklusi di berikan perlakuan sama akan
tetapi yang menyampaikan penjelasan dari mentor kelompoknya. 5.
Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan
dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses
penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi. 6.
Mengkomunikasikan hasil Mengkomunikasikan hasil
penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi
sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis
sesuai format yang ditentukan. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK/MAK
FASE F KELAS XI
BAB 1 BAGIAN 1 Kajian Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Hadis tentang Berfikir Kritis
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menganalisis Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis.
2.
Peserta didik dapat membaca
dan menghafal Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis.
3. Peserta
didik dapat menjelaskan isi kandungan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis, sehingga terbiasa
membaca Al-Qur’an.
4. Peserta
didik dapat mengimplementasikan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan hadis tentang berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen Al-Qur’an
dan Hadis |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan
Hadis tentang berfikir kritis; mempresentasikan
pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking); membiasakan membaca
Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu dan berfikir kritis. |
|||
Materi |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar |
JP |
1 A 1 B |
Peserta
didik dapat menganalisis
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis. |
1 |
3 |
1 B |
Peserta didik dapat membaca dan
menghafal Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis. |
1 |
3 |
1 C 1 D |
Peserta didik dapat menjelaskan
isi kandungan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis, sehingga terbiasa
membaca Al-Qur’an |
1 |
3 |
1 C 1 D |
Peserta didik dapat menjelaskan
isi kandungan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis, sehingga terbiasa
membaca Al-Qur’an |
1 |
3 |
1 E 1 F |
Peserta didik dapat
mengimplementasikan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan hadis tentang berpikir kritis dalam kehidupan
sehari-hari |
1 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
15 |
BAB 1 BAGIAN 2 Kajian Q.S. Ar-Rahman/55: 33 Dan Hadis
Tentang Ilmu
Pengetahuan dan
Teknologi
Tujuan
Pembelajaran
1. Menganalisis Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Membaca dan menghafal dengan tartil Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Menjelaskan isi kandunga Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan
Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi,.sehingga
terbiasa membaca Al-Qur’an.
4. Peserta
didik dapat mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan
Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen Al-Qur’an
dan Hadis |
||||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis ayat Al-Qur’an
surat Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi; dapat membaca Al-Qur’an Ar-Rahman/55: 33 dengan
tartil; menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan
Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi; dapat menyajikan konten dan paparan tentang etos
kerja; meyakini bahwa mencintai ilmu
pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama; membiasakan sikap
kreatif
dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
||||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
|
2 A 2 B 2 C |
Peserta
didik dapat Menganalisis Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat membaca dan menghafal dengan tartil Q.S. Ar-Rahman/55: 33
dan Hadis tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi. |
2 |
3 |
|
2 A 2 B 2 C |
Peserta
didik dapat Menjelaskan isi kandunga Q.S. Ar-Rahman/55:
33 dan Hadis tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi,.sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an. |
2 |
3 |
|
2 D |
Peserta
didik dapat mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33
dan Hadis tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. |
2 |
3 |
|
Total Jam Pelajaran (JP) |
9 |
|||
BAB 2 Cabang Iman: Memenuhi Janji,Mensyukuri Nikmat,Memelihara Lisan,dan
Menutup Aib Orang Lain
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menganalisis cabang iman: memenuhi
janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain.
2. Peserta
didik dapat menjelaskan tentang memenuhi janji, mensyukuri nikmat,
memelihara lisan dan menutup aib orang lain.
3. Peserta
didik dapat menjelaskan bahwa
cabang-cabang iman adalah perintah agama
4. Peserta
didik dapat mengimplementasikan sikap tanggung
jawab,memenuhi janji,mensyukuri nikmat,memelihara lisan dan menutup aib orang
lain.
Elemen Akidah |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta ddik dapat menganalisis cabang-cabang iman,
keterkaitan antara Iman, Islam, dan Ihsan; mempresentasikan tentang
cabang-cabang iman; meyakini
bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara Iman, Islam, dan Ihsan adalah
ajaran agama; membiasakan
sikap tanggung jawab, memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutupi aib orang lain. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
3 A |
Peserta didik dapat menganalisis
cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup
aib orang lain dan dapat
menjelaskan tentang memenuhi janji,
mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain |
3 |
3 |
3 B |
Peserta
didik dapat menjelaskan bahwa
cabang-cabang iman adalah perintah agama |
3 |
3 |
3 C |
Peserta
didik dapat mengimplementasikan sikap tanggung jawab,memenuhi
janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan dan menutup aib orang lain |
3 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
9 |
BAB 3 Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian
Antarpelajar, Minuman Keras
(Miras), dan Narkoba
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat memecahkan masalah perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam.
2.
Peserta didik dapat membuat
konten tentang cara mengatasi masalah
perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba dan diposting di media sosial
3.
Peserta didik dapat bahwa agama
melarang melakukan perkelahian antarpelajar dan melakukan pengrusakan fasilitas
umum, minuman keras, dan narkoba
4.
Peserta didik dapat membiasakan sikap taat pada aturan, peduli
sosial, tanggung jawab dan cinta damai
Elemen Akhlak |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu memecahkan
masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam
Islam, dapat membuat konten tentang
cara mengatasi masalah perkelahian antarpelajar, miras, dan narkoba dan
diposting di media sosial sehingga dapat meyakini bahwa agama melarang
melakukan perkelahian antarpelajar dan melakukan pengrusakan fasilitas umum,
minuman keras, dan narkoba, serta membiasakan sikap taat pada aturan, peduli
sosial, tanggung jawab, dan cinta damai |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
4 A |
Peserta didik dapat memecahkan
masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam
Islam dan
dapat membuat konten tentang cara mengatasi masalah perkelahian antarpelajar,
minuman keras, dan narkoba dan diposting di media sosial |
4 |
3 |
4 B |
Peserta didik dapat bahwa agama
melarang melakukan perkelahian antarpelajar dan melakukan pengrusakan
fasilitas umum, minuman keras, dan narkoba |
4 |
3 |
4 C |
Peserta didik dapat membiasakan
sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung
jawab dan cinta damai |
4 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
9 |
BAB 4 Ketentuan Khutbah, Tablig, Dan Dakwah
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menganalisis ketentuan
khutbah, tablig dan dakwah.
2. Menyusun teks khutbah dengan tema nilai-nilai
Islam rahmat li al-alamin.
3. Menerapkan ketentuan khutbah,
tablig dan dakwah.
4. Membangun
sikap menebarkan Islam rahmat lil-alamin.
Elemen Fikih |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis ketentuan
pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, mempresentasikan
tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah, menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, membiasakan
sikap menebarkan Islam rahmat li al-ālamīn, |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
5 A |
Peserta didik menganalisis ketentuan
khutbah, tablig dan dakwah. |
5 |
3 |
5 B |
Peserta didik menyusun teks khutbah dengan tema nilai-nilai Islam rahmat
li al-alamin. |
5 |
3 |
5 B |
Peserta menerapkan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah. |
5 |
3 |
5 C |
Peserta membiasakan sikap menebarkan Islam rahmat lil-alamin. |
5 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
12 |
BAB 5 Peran dan Keteladanan Tokoh Ulama di
Indonesia
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menganalisis sejarah dan peran tokoh ulama Islam di Indonesia.
2. Peserta
didik dapat mempresentasikan paparan mengenai peran dan keteladanan ulama Islam di Indonesia.
3. Peserta
didik dapat mengimplementasikan keteladanan
tokoh ulama Islam di Indonesia.
4. Peserta didik
dapat membiasakan sikap gemar membaca,menulis,berprestasi,kerja keras,tanggung
jawab,literasi dan produktif dalam berkarya.
Elemen Peradaban
Islam |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu
menganalisis peran dan keteladanan ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia;
mempresentasikan peran dan keteladanan ulama penyebar ajaran Islam di
Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia; membiasakan
sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab,
bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam rahmat lil ‘alamin, rukun, damai, dan
saling bekerja sama. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
6 A |
Peserta
didik dapat menganalisis
sejarah dan peran tokoh ulama Islam di Indonesia dan dapat mempresentasikan paparan
mengenai peran dan keteladanan ulama Islam di Indonesia. |
6 |
3 |
6 B |
Peserta
didik dapat mengimplementasikan keteladanan
tokoh ulama Islam di Indonesia |
6 |
3 |
6 C |
Peserta didik
dapat membiasakan sikap gemar membaca,menulis,berprestasi,kerja
keras,tanggung jawab,literasi dan produktif dalam berkarya. |
6 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
9 |
BAB 6 BAGIAN 1 Kajian Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Hadis tentang
Toleransi dalam
Kehidupan
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik mampu menganalisis Q.S.
Yunus/10: 4041
dan Hadis tentang toleransi
dalam kehidupan
2. Peserta didik mampu membaca dan menghafalkan
dengan tartil Q.S. Yunus/10: 4041
dan Hadis tentang toleransi
dalam kehidupan.
3. Peserta didik mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. Yunus/10: 4041
dan Hadis tentang toleransi
dalamkehisupan sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.
4. Peserta didik mampu mengimplementasikan Q.S. Yunus/10: 4041
dan Hadis tentang toleransi
dalam kehidupan kehidupan sehari-hari.
Elemen Al-Qur’an
dan Hadis |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an surat Yunus/10: 40-41
dan
Hadis tentang toleransi; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an surat Yunus/10: 40-41 dan Hadis tentang toleransi;
membiasakan
membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa toleransi adalah ajaran agama; membiasakan sikap toleransi. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
7 A 7 B |
Peserta didik mampu menganalisis
Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan |
7 |
3 |
7 A 7 B |
Peserta didik mampu membaca dan menghafalkan dengan tartil Q.S. Yunus/10: 4041 dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan. |
7 |
3 |
7 A 7 B |
Peserta didik mampu menjelaskan isi kandungan Q.S.
Yunus/10: 4041
dan Hadis tentang toleransi dalamkehisupan sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an. |
7 |
3 |
7 C 7 D |
Peserta didik mampu mengimplementasikan Q.S.
Yunus/10: 4041
dan Hadis tentang toleransi dalam kehidupan kehidupan sehari-hari. |
7 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
9 |
BAB 6 BAGIAN 2 Kajian Q.S. Al-Maidah/5: 32
Dan Hadis Tentang Memelihara
Kehidupan
Manusia
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menganalisis Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia
2. Peserta
didik dapat membaca dan menghafalkan dengan tartil Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia.
3. Peserta
didik dapat menjelaskan isi kandungan Q.S.
Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.
4. Mengimplementasikan Q.S.
Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen Al-Quran
dan Hadis |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an surat Al-Maidah/5: 32 dan Hadis
tentang memelihara kehidupan manusia; mempresentasikan pesan-pesan Al-Quran
surat. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis
tentang memelihara kehidupan manusia; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa
memelihara kehidupan manusia adalah ajaran agama; membiasakan sikap peduli
sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung
jawab |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
8 A 8 B |
Peserta
didik dapat menganalisis Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara
kehidupan manusia dan dapat membaca dan menghafalkan dengan tartil
Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara
kehidupan manusia. |
8 |
3 |
8 C 8 D |
Peserta
didik dapat menjelaskan isi kandungan Q.S.
Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an dan
dapat mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadis tentang memelihara kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. |
8 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
6 |
BAB 7 Cabang Iman: Menjaga
Kehormatan,Ikhlas,Malu dan Zuhud
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menganalisis cabang
iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud.
2. Peserta
didik dapat mempresentasikan paparan tentang menjaga kehormatan,
ikhlas, malu, dan zuhud
3. Peserta
didik dapat menyatakan bahwa cabang iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan
zuhud adalah ajaran agama serta implementasi dari iman.
4. Peserta
didik dapat mengimplementasikan sikap
jujur, peduli social, tanggung jawab..
Elemen Akidah |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik dapat menganalisis cabang-cabang
iman (menjaga kehormatan, ikhlas, malu,
dan zuhud), mempresentasikan tentang cabang-cabang iman (menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud);
meyakini bahwa cabang-cabang iman adalah ajaran agama; membiasakan sikap jujur,
peduli sosial, dan tanggung jawab.. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
9 A |
Peserta
didik dapat menganalisis
cabang iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud.dan dapat mempresentasikan
paparan tentang menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud |
9 |
3 |
9 B |
Peserta
didik dapat menyatakan bahwa cabang iman: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan
zuhud adalah ajaran agama serta implementasi dari iman. |
9 |
3 |
9C |
Peserta
didik dapat mengimplementasikan sikap
jujur, peduli social, tanggung jawab.. |
|
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
9 |
BAB 8 Adab Menggunakan Media Sosial
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik mampu menganalisis adab menggunakan
media sosial dalam Islam.
2. Peserta didik mampu membuat postingan dan komentar di media sosial yang postif.
3. Peserta didik mampu menjelaskan bahwa adab menggunakan media sosial dalam
Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat.
4. Peserta didik mampu membiasakan diri menggunakan media sosial yang santun, saling menghormati,
bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan cinta damai.
Elemen Akhlak |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik dapat menganalisis
adab menggunakan media sosial dalam Islam, dapat membuat postingan dan
komentar di media sosial yang positif, sehingga dapat meyakini bahwa adab
menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu
dan masyarakat, serta membiasakan sikap menggunakan media sosial yang santun,
saling menghormati, bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan cinta damai |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
10 A 10 B |
Peserta didik mampu menganalisis
adab menggunakan media sosial dalam Islam dan mampu membuat postingan dan komentar di media sosial yang postif. |
10 |
3 |
10 B |
Peserta didik mampu menjelaskan bahwa adab menggunakan media sosial dalam
Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat. |
10 |
3 |
10 C |
Peserta didik mampu membiasakan diri menggunakan media sosial yang santun, saling menghormati,
bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan cinta damai. |
10 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
9 |
BAB 9 Pernikahan dalam Islam
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu
menjelaskan pengertian pernikahan dalam Islam.
2.
Peserta didik mampu
menjelaskan ketentuan pernikahan dalam Islam.
3.
Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan
4. Peserta didik mampu mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab dan menepati janji dalam pembelajaran
Elemen Fikih |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis ketentuan
pernikahan dalam Islam; mempresentasikan tentang ketentuan pernikahan dalam
Islam; menerapakan ketentuan pernikahan dalam Islam; membiasakan sikap
komitmen, bertanggung jawab, dan menepati janji |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
11 A 11 B |
Peserta didik mampu
menjelaskan pengertian pernikahan dalam Islam. |
11 |
3 |
11 C |
Peserta didik mampu menjelaskan ketentuan pernikahan
dalam Islam |
11 |
3 |
11 D |
Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang
berkaitan dengan pernikahan |
11 |
3 |
11 E |
Peserta didik mampu mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab
dan menepati janji dalam pembelajaran |
11 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
12 |
BAB
10 Peradaban Islam pada Masa Modern
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern.
2. Peserta
didik mampu menjelaskan gerakan-gerakan pembaharuan Islam
diberbagai negara.
3. Peserta
didik mampu menjelaskan pokok-pokok pemikiran para
pembaharuan Islam.
4. Peserta didik mampu mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab dan menepati janji.
Elemen Peradaban
Islam |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis perkembangan
peradaban Islam di dunia, mempresentasikan
perkembangan peradaban Islam di dunia; meyakini kebenaran perkembangan
peradaban Islam di dunia pada masa modern; membiasakan sikap berkebinekaan
global dan menbarkan Islam yang rahmatal
lil ‘ālamin. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
ModulAjar** |
JP |
12 A |
Peserta didik mampu
menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern. |
12 |
3 |
12 B |
Peserta
didik mampu menjelaskan gerakan-gerakan pembaharuan Islam diberbagai negara |
12 |
3 |
12 C |
Peserta didik mampu menjelaskan pokok-pokok pemikiran para pembaharuan Islam |
12 |
3 |
12 D |
Peserta didik mampu
mengimplementasikan sikap komitmen,bertanggung jawab dan menepati janji. |
12 |
3 |
Total Jam Pelajaran (JP) |
12 |
Keterangan
:
* Angka menunjukkan bab, huruf
menunjukkan sub bab
**Angka menunjukkan urutan file
Modul Ajar (sesuai urutan bab)
Referensi
a.
Keputusan
Mendikbudristek Nomer 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam
Rangka Pemulihan Pembelajaran
b.
Peraturan
Mendikbudristek Nomer 9 Thun 2022 Tentang Standar Isi pada Pendidikan
Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang
Pendidikan Menengah
c.
Peraturan
Mendikbudristek Nomer 5 Thun 2022 Tentang Standar Lulusan pada Pendidikan
Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang
Pendidikan Menengah
d.
Peraturan
Mendikbudristek Nomer 16 Thun 2022 Tentang Standar Proses pada Pendidikan
Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang
Pendidikan Menengah
e.
SK
Kepala Badan Standar,kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Riset dan Teknologi No.008/H/KR/2022 tantang Capaian Pembelajaran Pada
Pendidikan Anak Usia
Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang
Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka
f. H.A. Sholeh Dimyathi, dkk. 2022. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
bagi Bapak/Ibu yang ingin mendownload file di atas bisa klik tombol download di bawah ini :
0 Komentar