Hikmah Memakmurkan Masjid

www.gurukitaa.my.id - di Indonesia saat ini sudah banyak berdiri masjid-masjid yang megah. namun sayangnya jamaah di dalamnya tergolong minim, bahkan sedikit sekali. dahulu kita sering mendengar teriakan, canda tawa anak kecil. Saat ini teriakan itu tak lagi terdengar. Masjid yang dahulu tempat mereka bermain dan belajar. Kini telah sepi. menyisahkan orang tua yang sibuk berzikir di dalamnya.

Sudah jarang sekali pemuda duduk-duduk di teras masjid sambil berdiskusi bersama teman-temannya. Hal ini yang mendorong kami untuk menulis, betapa pentingnya memakmurkan masjid. dan Semoga dari tulisan tangan ini bisa memotivasi kita untuk senantiasa memakmurkan masjid di sekitar kita.

Sebelum kita bahas tentang memakmurkan masjid, alangkah baiknya kita membahas apa itu masjid? Seperti yang dikatakan pepatah : "tak kenal maka tak sayang".

Apa pengertian masjid ?

Kata masjid diambil dari kata dasar sujud yang berarti taat tunduk, patuh dengan penuh rasa hormat dan takzim atau memuliakan. Kata masjid ini diambil dari bahasa Arab yaitu dari kata sajada - yasjudu - masjidan yang artinya tempat sujud. 
Sedangkan menurut istilah syar'i masjid itu adalah tempat di bumi yang digunakan untuk bersujud karena Allah. Namun saat ini masjid merupakan tempat yang di dalamnya disediakan untuk shalat dan bersifat tetap.
Dari pengertian di atas kita mengetahui betapa pentingnya masjid ini bagi umat muslim. Selain sebagai tempat beribadah masjid juga sebagai sarana silaturahmi antara muslim dengan Muslim lainnya.
Dan bukan hanya itu saja masjid-masjid yang ada, merupakan rumah-rumah Allah yang harus kita jaga dan kita makmurkan, baik bangunannya maupun kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya. Sebagaimana firman Allah di dalam surat Al Jin ayat 18 :


 وَأَنَّ ٱلۡمَسَـٰجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدۡعُوا۟ مَعَ ٱللَّهِ أَحَدࣰا

Yang artinya : dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya di samping (menyembah) Allah .

Dan di dalam hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda : 

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتلُونَ كِتَابَ اللهِ ، وَيَتَدَارَسُونَهُ بينهم ، إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيتْهُمُ الرَّحْمَةُ ، وَحَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةُ ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ 
Yang artinya : Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu diantara rumah-rumah Allah, mereka membaca kitabullah dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, Rahmat akan meliputi mereka, para malaikat mengelilingi mereka, dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada di sisiNya. HR. Muslim No. 2699.

Dari kedua dalil di atas, kita semakin tahu kedudukan masjid, dan betapa pentingnya bagi kita semua. Lalu...

Kenapa kita dianjurkan untuk memakmurkan masjid?

Ada beberapa alasan dan hikmah yang akan kita dapatkan dengan memakmurkan masjid diantaranya yaitu : 
  • Dengan memakmurkan masjid membuktikan kecintaan kita kepada Allah. 
Sebagaimana seseorang yang mencintai, pastinya ingin sesering mungkin bertemu dengan orang yang ia cintai. sama halnya ketika seseorang mencintai Allah Swt niscaya ia akan rindu ingin bertemu Allah melalui masjid-masjidNya.
Sebagaimana firman Allah subhanahu Wa ta'ala di dalam surat at-taubah ayat 18 : 

إِنَّمَا یَعۡمُرُ مَسَـٰجِدَ ٱللَّهِ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡیَوۡمِ ٱلۡـَٔاخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمۡ یَخۡشَ إِلَّا ٱللَّهَۖ فَعَسَىٰۤ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ أَن یَكُونُوا۟ مِنَ ٱلۡمُهۡتَدِینَ

Yang artinya : Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.

  • Dengan memakmurkan masjid, Allah menghapus setiap dosa yang kita miliki, dicatat sebagai kebaikan dan diangkat derajatnya.

Ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan agar dosa kita diampuni. dan salah satu amalan yang dapat menghapus dosa yaitu, langkah kita ke masjid dihitung sebagai penghapus dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw : 


كُلُّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ يُكْتَبُ لَهُ بِهَا حَسَنَةٌ وَيُمْحَى عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةٌ

Yang artinya : “Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan.” HR. Ahmad, 2:283 dan di dalam hadits yang lain Rosulullah bersabda :


مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

yang artinya : “Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” HR. Muslim, no. 666.
  • dengan memakmurkan masjid, menjadi sebab diturunkannya rahmat dan perlindungan Allah Swt.
مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتلُونَ كِتَابَ اللهِ ، وَيَتَدَارَسُونَهُ بينهم ، إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيتْهُمُ الرَّحْمَةُ ، وَحَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةُ ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ 
Yang artinya : Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu diantara rumah-rumah Allah, mereka membaca kitabullah dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, Rahmat akan meliputi mereka, para malaikat mengelilingi mereka, dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada di sisiNya. HR. Muslim No. 2699.
  • dengan memakmurkan masjid dengan cara membangunnya, niscaya Allah akan bangunkan untuknya rumah di surga kelak.
maka beruntunglah mereka yang membangun dan melestarikan rumah Allah. sebagaimana sabda Rosulullah Saw :

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا قَالَ بُكَيْرٌ حَسِبْتُ أَنَّهُ قَالَ يَبْتَغِي بِهِ وَجْهَ اللَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ
Yang artinya : “Siapa yang membangun masjid -Bukair berkata, “Menurutku beliau mengatakan- karena mengharapkah ridla Allah, maka Allah akan membangun untuknya yang seperti itu di surga.” HR. Bukhari no. 431.
  • dengan memakmurkan masjid kita akan berkumpul dengan orang-orang sholeh di dalamnya sehingga iman kita selalu terjaga.

salah satu penyebab seseorang menjadi orang yang baik adalah dengan berteman dengan orang baik pula, jika kita ingin menjadi orang sholeh maka berkumpullah dengan orang sholeh. sedangkan tempat yang dapat kita jumpai orang-orang sholeh adalah masjid-masjid Allah.
Allah berfirman di dalam Al Qur'an Surat Al Hajj ayat 77 :


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ارْكَعُوْا وَاسْجُدُوْا وَاعْبُدُوْا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
yang artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kamu beruntung."

semoga nasihat ini dapat memotivasi kita semua, agar senantiasa memakmurkan rumah-rumah Allah baik dengan tenaga, fikiran, dengan harta yang kita miliki. dan semoga kita senantiasa menjadi hamba-hambaNya yang selalu dekat dengan masjid. sehingga kita termasuk golongan yang nantinya mendapatkan naungan di hari yang mana tidak ada naungan kecuali naungan Allah, yakni di padang mahsyar...aamiin yaa Robbal 'aalamiin



Posting Komentar

0 Komentar