KUNCI JAWABAN SOAL BAB 7 Hidup Damai dengan Toleransi, Rukun dan Menghindari Tindak Kekerasan

gurukitaa.my.id - Bapak/Ibu guru dan anak-anak kelas XI kali ini kami ingin membahas latihan soal pilihan ganda dan soal essay tentang materi BAB 7 Hidup Damai dengan  Toleransi, Rukun dan  Menghindari Tindak  Kekerasan. bagi Bapak/Ibu guru yang ingin membuat soal sebagai bahan ujian bisa mengcopy soal-soal berikut ini ! 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menyilang (X) pada A atau Batau C atau D atau E.

1. Bentuk toleransi dalam perbedaan pendapat dapat diwujudkan dengan cara….
A. Mengedepankan pembenaran sepihak
B. Melakukan pengamanan atas jalannya diskusi
C. Membiarkan suasana tegang 
D. Menghargai pendapat orang lain
E. Menyelesaikan masalah dengan cara anarkis

2. Perhatikan ayat di bawah ini!
وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ ࣖ
Maksud ayat di atas yang tepat adalah….
A. menghargai orang yang berbeda aliran dan faham dalam beragama 
B. menghargai perbedaan ada yang beriman dan ada yang tidak beriman
C. menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah di masyarakat
D. menghargai orang yang lebih tua dengan mendahulukan dalam setiap kesempatan
E. menghargai orang yang lebih alim dengan memberikan tempat yang pertama
 
3. Perhatikan potongan ayat di bawah ini!
عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ

Dari potongan ayat di atas yang digarisbawahi mempunyai bacaan tajwid benar adalah....
A. idzhar syafawi dan mad jaiz munfasil 
B. idzhar syafawi dan mad wajib muttasil 
C. idzhar syafawi dan mad lazim khilmi
D. idzhar khalqi dan mad thabi’i
E. Idzhar khalqi dan mad arid

4. Perhatikan ayat di bawah ini!
وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

Ayat di atas terdapat dalam Al-Qur’an Surat.....
A. Al-Kahfi : 28 
B. Al-Kahfi : 30 
C. Al-Kahfi : 31
D. Yunus: 40
E. Yunus: 41

5. Perhatikan ayat di bawah ini!
وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ

Dari ayat di atas mengajarkan kepada kita, dalam menyikapi orangorang yang mendustakan Al Qur’an, dengan cara mengatakan...
A. Bagiku agamaku dan bagimu agamamu
B. Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu
C. Kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
D. Tuhanku tidak sama dengan Tuhanmu
E. Aku tidak bertanggung jawab atas pekerjaanmu

6. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari toleransi antarumat beragama kecuali....
A. menyadari bahwa hidup ini tidak lepas dari orang lain
B. berpikir positif terhadap keberadaan agama lain
C. memaksa penganut agama lain untuk masuk Islam
D. membangun tradisi dialog antaragama
E. saling menghormati dan menghargai pemeluk agama lain

7. Perhatikan QS. Al-Maidah, 5: 32 di bawah ini!
مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَنَّهُۥ مَن قَتَلَ نَفْسًۢا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍۢ فِى ٱلْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ ٱلنَّاسَ جَمِيعًا

Dari ayat di atas yang digarisbawahi mempunyai bacaan tajwid secara urut adalah….
A. idzhar syafawi dan mad jaiz munfasil 
B. idzhar syafawi dan mad wajib muttasil 
C. mad wajib muttasil dan mad lazim khilmi
D. mad jaiz munfasil dan mad wajib munfasil
E. mad wajib muttasil dan jaiz munfasil

8. Dalam QS. Al-Maidah/5: 32 disebutkan bahwa, “Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan….
A. seorang manusia 
B. seribu manusia 
C. semua manusia
D. seluruh makhluk
E. seluruh kehidupan

9. Cara agar manusia dapat menghindari perilaku tindak kekerasan dalam 
kehidupan sehari-hari adalah….
A. meluapkan kemarahan kepada orang yang melakukan kesalahan 
B. membalas setiap tindakan kekerasan yang telah dilakukan dengan lebih keras
C. menyampaikan kepada teman-teman dan aparat keamanan untuk membantu membalas 
D. menahan amarah, lebih mengedepankan dialog dalam mengatasi masalah
E. menahan amarah, lebih mengedepankan musyawarah kalau ada wartawan

10. Sebenarnya di Indonesia sudah ada regulasi yang mengatur tentang  pelarangan tindak kekerasan terhadap anak dan anggota keluarga. Diantaranya; UU No. 23 Tahun 2002 dan UU nomor 23 Tahun 2004. Meskipun begitu tetap saja ada pelanggaran. Terhadap hal tersebut, 
sikap yang harus dilakukan umat Islam tersebut adalah…
A. membiarkan kondisi tersebut, karena sudah ada yang bertanggung jawab
B. menindak pelaku kekerasan dengan cara menghakimi di tempat
C. memulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan kekerasan di sekolah dan di rumah saja
D. memulai dari yang kecil untuk tidak melakukan kekerasan di sekolah dan di rumah saja
E. memulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan kekerasan di manapun dan kapanpun

Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan yang benar!

11. Perhatikan Q.S. Yunus/10 : 40!
وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

Dari ayat yang bergaris bawah di atas, jelaskan hukum bacaan tajwidnya!
Hukum tajwid yang bergaris bawah adalah: 
a. idgham mimi 
b. mad arid lis sukun

12. Perhatikan ayat di bawah ini :
وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ

a. Identifikasikan bacaan Mad wajib Aridhissukun dan Mad Wajib Muttasil pada ayat di atas!
b. Jelaskan isi kandungan
Isi Kandungan Q.S. Yunus/10 : 41 adalah: 
a. larangan untuk membunuh manusia bukan karena membunuh orang lain atau berbuat kerusakan di bumi 
b. anjuran untuk memelihara kehidupan manusia 
c. belajar dari sejarah, agar tidak meniru kaum Bani Israil karena mereka melampau batas di bum
 
13. Bagaimana penerapan isi QS. Yunus/10: 40-41 dalam kehidupan sehari-hari!
Cara penerapan isi QS. Yunus/10: 40-41 dalamkehidupan sehari-hari adalah: 
a. mengucapkan salam kepada orang yang bertemu 
b. membuang sampah pada tempatnya 
c. menyingkirkan paku atau benda tajam apabila menemukan 
d. berkata yang baik kepada siapapun 

14. Bagaimana penerapan isi QS. Al-Maidah/5: 32 dalam kehidupan sehari-hari!
Cara penerapan isi kandungan QS. Al-Maidah/5: 32 
a. menghormati orang lain yang berbeda agama 
b. memberikan kesempatan kepada orang lain untuk beribadah sesuai dengan agamanya
c. tidak memaksakan orang lain untuk sesuai dengan agamanya 
d. berbuat baik dalam muamalah dengan orang berbeda agama 

15. Di beberapa daerah, terjadi perkelahian antarpelajar. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dihubungkan dengan materi menghindari tindak kekerasan ayat di atas !
Cara mengatasi Masalah perkelahian antarpelajar adalah : 
a. mempelajari dan meyakini bawah perkelahian antarpelajar adalah bertentangan dengan ajaran agama sebagai dalam QS. Al-Maidah/5: 32, khususnya 
larangan untuk membunuh manusia 
b. lebih banyak mengembangkan perilaku yang memelihara keselamatan manusia (pelajar), karena dalam QS. Al-Maidah/5 32 disebutkan kalalu memelihara kehidupan satu manusia, maka seakan-akan memelihara kehidupan semua manusia

Posting Komentar

0 Komentar